Selasa, 11 Januari 2011

KELOMPOK (TIM) FUTSAL TALENTA

Kelompok adalah sekumpulan individu yang terdiri dari dua orang atau lebih yang memiliki tujuan, minat, kemampuan dan keinginan yang sama.
Slamet Santosa (1992: 8), “Kelompok adalah suatu unit yang terdapat beberapa individu yang mempunyai kemampuan untuk berbuat dengan kesatuannya dengan cara dan atas dasar kesatuan persepsi”.

Dinamika Kelompok adalah suatu Istilah yang digunakan untuk menghubungkan kekuatan-kekuatan aspek pekerjaan kelompok. Pada dasarnya, Dinamika Kelompok mengacu pada kekuatan Interaksional dalam kelompok yang ditata dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan para anggota (Suardi: 1998).

Kali ini saya akan membahas mengenai suatu kelompok yang memiliki minat yang sama yaitu dalam hal olahraga sepak bola atau futsal di lingkungan Perumahan Margahayu. Club futsal ini bernama TALENTA, yang dibentuk oleh Bapak Sarbini atau lebih sering disapa dengan sebutan Babeh. TALENTA dibentuk pada tahun 1997, dengan tujuan untuk memfasilitasi remaja putra di lingkungan Margahayu agar mempunyai wadah yang tepat untuk menyalurkan hobi dan bakat mereka dalam berolahraga terutama dalam olahraga sepak bola atau futsal. Pada awalnya club ini hanya beranggotakan remaja putra di lingkungan setempat saja, sejalan dengan majunya club tersebut banyak orang yang mendaftarkan diri untuk bergabung. Dan sekarang club TALENTA memiliki anggota dari luar Perumahan Margahayu, seperti Pondok Hijau dan Jatimulya.
Club TALENTA pada dasarnya adalah club sepak bola lapangan besar, karena pengurus club melihat banyak bakat yang dimiliki para remaja tersebut. Dan seiring berjalannya waktu club ini semakin besar, dan dibentuklah juga pengurus lainnya seperti pembina, manager tim, pelatih, humas, seksi peralatan. Tapi sekarang kepengurusan tim sedikit terabaikan.

Kegiatan Club TALENTA antara lain adalah latihan futsal dan sepak bola, sparing, mengikuti kejuaraan. Mereka mempunyai jadwal khusus latihan dengan pelatih sendiri. Dulu mereka latihan 2-3 kali dalam seminggu. Selain untuk kegiatan atau kepentingan futsal dan sepak bola, mereka juga sering kumpul-kumpul di tempat manager dan terkadang mereka jalan-jalan bersama.
Club TALENTA bukan hanya mengikuti pertandingan di sekitar Bekasi saja, tetapi juga pernah mengikuti pertandingan di luar kota seperti Cianjur dan Subang.

Club TALENTA sudah mengikuti banyak kompetisi sepak bola, seperti turnamen di Jatimulya, Juanda, Narogong, Rawa Lumbu, Unisma dan masih banyak lagi. Dari bebagai kejuaraan yang pernah diikuti, TALENTA mendapatkan beberapa juara, antara lain :
• Juara 1 sekitar 7 kali
• Juara 2 sekitar 2 kali
• Juara 3 sekitar 2 kali
Nama club TALENTA sudah banyak dikenal oleh club-club sepakbola lainnya karena kehebatan permainan mereka, dan sudah rahasia umum kalau anggota club TALENTA terdiri dari orang-orang yang jago dalam bermain sepak bola. Tidak heran jika setiap pertandingan, club TALENTA selalu dijagokan.

Karena saat semua anggotanya sibuk dengan aktifitas mereka masing-masing diluar TALENTA seperti bekerja dan kuliah, maka club TALENTA sejak setahun lalu lebih sering mengikuti pertandingan futsal daripada pertandingan sepak bola lapangan besar. Alasan lainnya karena futsal saat mulai berkembang. Keaktifan anggota club sudah tidak terlalu aktif seperti beberapa tahun lalu, dengan alasan yang telah disebutkan di atas. Mereka hanya melakukan latihan jika akan mengikuti kejuaraan atau sparing saja. Namun, dengan jam terbang yang sudah cukup banyak mereka sudah terbiasa dengan keadaan bertanding secara mendadak dan mereka sudah sangat paham dengan strategi yang biasa digunakan dalam bertanding di setiap kejuaraan.

Karakteristik atau ciri suatu Kelompok menurut Shaw (1979: 6-10) ada 6, yaitu:
1) Persepsi dan kognisi anggota kelompok
2) Motivasi dan kebutuhan kepuasan (need satisfaction)
3) Tujuan kelompok (Group Goals)
4) Organisasi Kelompok
5) Ada ketergantungan antara anggota kelompok
6) Interaksi

Selain itu karakteristik kelompok adalah 1). Adanya interaksi, 2) adanya struktur, 3). Kebersamaan, 4). Adanya tujuan, 5) ada suasana kelompok, 6) dan adanya dinamika interdependensi.

Oleh sebab itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa kelompok adalah unit komunitas yang terdiri dari dua orang atau lebih yang memiliki suatu kesatuan tujuan dan pemikiran serta integritas antar anggota yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar