Minggu, 04 Oktober 2009

Dukungan Moral Bagi Anak Indigo

Kata Indigo sendiri di ambil dari nama warna yaitu biru sampai violet atau lebih tepatnya warna nila yang merupakan susunan ketujuh dari warna pelangi. Indigo sendiri berkaitan dengn indera keenam yang terletak pada cakra mata ketiga yang menggambarkan intuisi dan kekuatan yang luar biasa tajam, anak indigo dapat melihat sesuatu yang tidak dapat dilihat orang normal, dan mereka juga dapat merasakan sesuatu yang tidak dapat dirasakan oleh orang-orang pada umumnya. Atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan indera keenam (sixth sense). salah satu sahabat saya adalah anak indigo, dia juga memiliki kelebihan seperti yang disebutkan diatas, kita sebut saja RR. untuk sebagian orang mungkin mempunyai kelebihan seperti anak indigo itu menyenangkan karena kita bisa melihat masa depan dan sebagainnya. tapi, bagi RR tidak, terkadang dia merasa terbebani karena dia merasa beda dengan orang-orang lainnya. Apalagi ketika dia merasakan atau melihat sesuatu yang buruk akan terjadi pada orang-orang terdekatnya, dia akan lebih tertekan, ketakutan dan gelisah ketika dia telat atau tidak bisa membantu orang lain atau memberi tahu sesuatu yang buruk akan menimpa orang tersebut, dia akan merasa tidak berguna dan menyalahkan dirinya sendiri. Menjadi anak indigo adalah tidaklah mudah, hal itu merpakan suatu tugas yang harus dijalankan. Anak indigo merupakan salah satu orang yang dihadirkan membawa hal yang baru terhadap suatu kemajuan di bumi ini, karena indigo adalah penyeimbang keadaan bumi.

Anak yang mengalami indigo ini mampu menunjukkan empati yang sangat dalam dan mudah merasa iba, serta tamapk bijaksana untuk anak seusianya. Mereka juga berperilaku tidak patuh dan kesulitan dalam menjalankan dengan sistem yang ada karena anak indigo adalah pribadi yang pemberontak.
Jan Yordi seorang terapis yang menuliskan tentang anak indigo, mencoba mengkategorikan karakteristik anak indigo yang sering ditemui :
  1. Memiliki keinginan yang kuat, mandiri dengan melakukan apa yang ada di pikirannya daripada mematuhi kehendak orang tua
  2. Bijaksana dan memiliki tingkat kesadaran dan kebersamaan yang melebihi pengalamannya
  3. Secara emosi, mereka dapat dengan mudahnya beraksi sehingga tidak jarang mereka memiliki permasalahan dengan kecemasan, depresi, dan stress
  4. Kreatif dalam berpikir dengan menggunakan otak kanan namun tetap harus berusaha belajar dengan menggunakan otak kiri terutama pada sistem belajar di sekolah.
  5. anak indigo sering di diagnosis mengalami ADD atau ADHD saat mereka menunjukan perilaku implusive (otak mereka memproses informasi lebih cepat), dan mereka harus tetap bergerak agar selalu fokus.
  6. anak ini sangat peka dan dapat melihat, mendengar,atau mengetahui sesuatu hal yang tidak dimiliki orang kebanyakan.
  7. ana-anak ini belajar secara visual dan kinestetik, mereka dapat mengingat apa yang terekam dalam otak dan menciptakan melalui tangan.
  8. apabila keinginan anak tidak terpenuhi, maka anak merasa kesulitan dan menjadi self centered, meskipun hal itu bukanlah sifat sebenarnya.
CARA MENANGANI ANAK INDIGO :
Dukungan moral bagi bagi anak indigo sangat diperlukan, terutama dukngan dari orang tua dan sahabat-sahabatnya. Karena dengan dukungan dari merekalah anak indigo bisa belajar untuk menerima kelebihan yang ada paad dirinya, jadi anak indigo ini tidak akan merasa minder atau dianggap aneh oleh orang lain. Seperti halnya dengan sahabat saya, RR. Bagi orang yang baru mengenal dia, mungkin akan berpandangan aneh dan tidak percaya dengan apa yang dikatakannya tentang apa yang akan terjadi di bumi ataupun tentang firasat buruknya. tapi bagi keluarga dan sahabat-sahabatnya, kami selalu berusaha untuk menerima apa yang dia katakan tentang sesuatu hal. Kalau kami bilang "tidak mungkin", dia pasti akan berkata "Seandainya kalian bisa melihat apa yang aku lihat, kalian pasti ngerasain apa yang aku rasain sekarang". .

Thank's to RR...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar