Jumat, 23 Maret 2012

DATA DAN INFORMASI

PERBEDAAN JobsDB DAN JobStreet


Sulitnya mendapatkan pekerjaan dimulai ketika seseorang sulit mendapatkan informasi mengenai perusahaan mana yang membuka lowongan pekerjaan serta bagian apa yang dibutuhkan. Berbagai cara ditempuh untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan latarbelakang pendidikan dan keahlian yang dimilikinya. Kita dapat melamar pekerjaan dengan datang langsung ke perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan, atau dapat pula kita mengunjungi bursa lowongan pekerjaan untuk mengetahui berbagai macam pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Tetapi mungkin melamar pekerjaan dengan cara online saat ini bisa memudahkan orang-orang yang membutuhkan pekerjaan dalam mendapatkan pekerjaan apa yang sangat sesuai dengan keahlian masing-masing.

Saya akan membedakan antara data duan situs penyedia informasi lowongan pekerjaan, yaitu www.jobsdb.com dan www.jobstreet.com. Pada dasarnya kedua website tersebut kita diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu di website tersebut.


1. www.jobsdb.com

Syarat utama untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan dari website jobsdb.com adalah dengan menjadi anggotanya terlebih dahulu. Caranya tidak sulit, kita hanya registrasi pada website tersebut, lalu mengisi data pribadi.

Setelah selesai mendaftar, kita harus memberi tanda checklist pada pilihan informasi apa saja yang ingin kita terima dari website ini. Jika sudah, informasi terbaru dari website ini akan langsung dikirim ke alamat email yang tadi kita masukan saat mengisi data pribadi.

  • Website ini kita bisa langsung menitipkan resume atau CV untuk kemudian dikirimkan pada setiap perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan.
  • Fasilitas pencarian yang sangat spesifik, antara lain nama perusahaan yang ingin dimasuki, bidang pekerjaan yang ingin diambil (fungsi), dan lokasi kerja (berdasarkan provinsi bahkan kabupaten).
  • Tampilan informasi pekerjaan pada website ini didesain seperti info lowongan kerja di majalah atau koran.
  • Daftar pekerjaan di kolom beranda lebih ringkas.
  • JobsDB menyediakan layanan Job Alert.
  • Di website ini juga, terdapat berbagai info penting yang berkaitan dengan dunia kerja atau tips-tips penting yang layak kita ketahui ketika sedang mencari pekerjaan.


http://id.jobsdb.com/ID/ID/MyJobsDB/Index



2. www.jobstreet.com

JobStreet.com Indonesia didirikan pada tahun 2006 .

  • Bahasa yang digunakan oleh situs ini adalah bahasa Inggris.
  • Setelah mengisi data pribadi sebagai member, kita diminta untuk mengecek di email kita untuk memverifikasi email lalu kita akan mendapatkan daftar-daftar lowongan pekerjaan sesuai dengan pilihan kita.
  • Kolom Pribadi (My Jobstreet) didesain pada kolom terpisah disusun secara sejajar (horizontal) sehingga perlu berpindah dari satu kolom ke kolom lain.
  • Pada website ini juga terdapat job alert yang memungkinkan kita untuk mengetahui lowongan pekerjaan terbaru, jadi kita tidak akan ketinggalan informasi mengenai lowongan pekerjaan dari beberapa perusahaan.
  • Dalam tampilan jobstreet.com terdapat kolom my personal page, my jobs, my resume, my application, career enhancers dan my account.
  • Untuk melihat perusahaan mana yang sedang membutuhkan lowongan pekerjaan beserta posisi yang dibutuhkan tidak perlu berpindah ke kolom lain, karena sudah ada di bagian job matches sehingga lebih memudahkan para pencari kerja dan lebih informatif.

http://myjobstreet-id.jobstreet.co.id/my-job

Tidak ada komentar:

Posting Komentar