Minggu, 27 Desember 2009

CARA MENYELESAIKAN MASALAH

Manusia yang hidup di dunia ini tidak akan pernah lepas dari masalah. Sekecil apapun masalahnya, setiap orang pasti pernah mendapatkannya, tidak ada satupun orang yang tidak pernah mendapatkan suatu masalah.

Prinsip saya “Masalah itu dihadirkan untuk dihadapi, bukan untuk dihindari. Jangan pernah lari dari suatu masalah, karena kita tidak akan pernah tahu kenyataan apa yang selanjutnya kita dapatkan jika kita takut menghadapinya”.

Di sini saya coba sharing bagaimana cara saya dalam menyelesaikan suatu masalah yang saya hadapi.

• Merenung atau instropeksi diri
Ketika saya mendapatkan suatu masalah baik itu masalah kecil ataupun masalah besar, saya biasa merenungkan kenapa masalah tersebut bisa muncul. Apakah itu karena kesalahan saya atau memang ada sesuatu yang salah dari orang-orang di sekitar saya. Ketika saya sedang sendiri entah sebelum tidur atau saat saya benar-benar sendirian, biasanya saya gunakan untuk merenungkan dan memikirkan masalah tersebut. Karena saya bukan tipe orang yang bisa cuek jika ada masalah, saya akan memikirkan masalah tersebut sampai saya mendapatkan jalan keluarnya.

• Berpikir panjang sebelum mengambil keputusan
Jika saya sudah merasa tenang dan mengetahui dengan pasti kenapa masalah tersebut bisa muncul, hal selanjutnya yang saya lakukan adalah memikirkan langkah apa yang harus saya lakukan dan saya harus mengambil sikap yang bagaimana untuk menyelesaikan masalah tersebut. Saya termasuk tipe orang yang berpikir panjang sebelum bertindak dan mengambil keputusan. Agar saya tidak menyesal dan salah dalam bertindak, saya pertimbangkan baik buruknya dahulu, lalu saya coba untuk menyelesaikan masalahnya.

• Curhat dengan sahabat dan meminta pendapatnya
Saya memandang suatu masalah dari dua sisi. Dari sisi saya pribadi dan jika saya berada diposisi orang lain, agar langkah yang saya ambil tidak merugikan siapapun. Tidak dapat dipungkiri, dalam menyelesaikan suatu masalah, saya sering melibatkan sahabat-sahabat saya untuk meminta pendapat dari mereka. Kecuali masalah keluarga, biasanya saya selalu curhat masalah apapun ke sahabat terdekat saya. Jika masalah tersebut dapat diselesaikan sendiri, saya akan menyelesaikan sendiri. Tapi jika masalah tersebut cukup sulit, saya akan meminta saran bahkan bantuan tindakan dari sahabat-sahabat saya. Biasanya dari semua saran-saran itu, saya akan ambil yang sesuai dengan hati saya, agar saya yakin.

• Berdoa
Langkah terakhir, semua masalah yang saya hadapi saya serahkan sepenuhnya pada Allah. Saya berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan masalah tersebut, tapi tidak lupa juga saya selalu berdoa untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Saya percaya dengan berdoa dan berusaha, masalah apapun akan dapat saya lewati dengan baik.

Percayalah bahwa setiap masalah yang dihadirkan pada kita, pasti ada jalan keluarnya. Seperti kata pepatah “Tak ada jalan yang tak berujung”. Kuncinya adalah kesabaran jika kita sedang mendapatkan cobaan dan masalah.
Bagi saya seseorang yang berpikir dewasa adalah seseorang yang dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik dan menjadikannya sebagai sebuah pelajaran hidup yang berharga.

3 komentar:

  1. top dech,,,,,,!!! makacih yaw,,,,!!! q kn coba dech biar mslh gwe teratasi......!!!

    BalasHapus
  2. muda2han bisa bermanfaat bgi gwe??? thanks your advisor...............?!!!!

    BalasHapus
  3. terimakasih, mudah mudahan saya bisa
    http://obatasamlambungkronis.xyz/

    BalasHapus