Kamis, 17 Desember 2009

PUTUS CINTA

A. Seputar Putus Cinta

Putus cinta adalah sebuah pengalaman yang sangat berat, nyaris serupa dengan menghadapi kematian orang yang disayangi. Emosi kalian bercampur tidak menentu, mudah untuk terguncang, serta kadang mati rasa.
Kontrol hidup harus Anda ambil kembali. Setelah sekian lama kalian merasa hidupnya dikontrol oleh bayang-bayang sang mantan pacar, yang membuat kalian semakin merasa kehilangan dan pada akhirnya secara tidak langsung mengambil indahnya hari-hari kalian. Sangat disayangkan.
Ketika kalian putus cinta, pasti saran dari orang-orang sekitar kalian tidak akan didengarkan, bagi kalian yang ada dipikiran kalian hanyalah penyesalan, kehilangan dan keinginan untuk balikan lagi dengan mantan pacar. Setiap ada orang yang menasehati, kalian pasti berpikiran bahwa mereka tidak mengerti apa yang kalian rasakan dan mereka tidak tahu betapa sakitnya hati kalian. Dan tidak dapat dipungkiri, nasehat-nasehat mereka tidak semuanya kalian dengarkan, kalian hanya menganggapnya seperti angin lalu.
Pada awal-awal putus cinta, kalian kerap terbayang-bayang akan kisah-kisah indah yang pernah kalian lalui bersamanaya dahulu. Kalian tidak bisa berhenti memikirkan semua kenangan kalian, seperti SMS cinta, puisi cinta dan kebiasaan-kebiasaan yang selalu kalian lakukan berdua saat bertemu. Baik pria maupun wanita pasti akan mengalami kesedihan yang mendalam dan tidak jarang juga pasti akan menangisinya, terutama saat kalian merasa sendirian. Semua terasa begitu sempurna dan ada pada tempatnya. kalian bisa yakin itu bukan perasaan kasmaran kalian saja karena ada banyak orang yang begitu mendukung, mengkonfirmasi, bahkan iri akan keindahan hubungan cinta kalian dengannya. Dan ketika putus cinta tempo hari, semuanya terasa runtuh dan hancur berantakan.

Kalian wajar dan berhak untuk merasa kecewa, sakit hati dan hancur!!
Saya bisa menulis seperti ini, karena saya juga pernah merasakan putus cinta yang menyakitkan dan harus melewati masa-masa yang sangat berat untuk bisa menerima kenyataan yang ada dan terus mencoba bertahan agar bisa bangkit dari keterpurukan. Sadari bahwa putus cinta adalah bagian dari kehidupan. Cepat atau lambat kalian akan merasakannya, bahkan mungkin kalian akan mengalami putus cinta beberapa kali lagi di masa depan dan di sepanjang hidup kalian nanti. Untuk bisa menyembuhkan diri dari rasa sakit dan trauma yang mengerikan ini, sebelumnya kalian perlu benar-benar menyadari sepenuhnya apa yang sedang kalian alami sekarang.

B. Fenomena Pasca Putus Cinta Baik Secara Fisik Maupun Psikis :
• Rasa sakit atau kram di perut, kadang disertai hilangnya nafsu makan,
• Banyak mengkonsumsi makanan kecil,
• Terkadang mengalami insomnia,
• Emosi marah, sedih, takut yang datang bergantian atau sekaligus bersamaan,
• Keinginan yang besar untuk bernostalgia,
• Merenungkan alasan mengapa dia memutuskan Anda,
• Berulang-ulang membayangkan skenario seandainya Anda bertemu dia lagi,
• Memikirkan bagaimana cara menyambung hubungan dan memperbaiki keadaan,

C. Fakta Seputar Putus Cinta :
 Mungkin kita tidak pernah menduga, ternyata pihak yang memutuskan hubungan cinta merasa sangat kecewa, sakit dan terluka seperti pihak yang diputuskan. Kedua belah pihak akan selalu merasa menyakitkan,
 Tidak ada seorang pun yang menginginkan putus cinta dan melukai orang yag sebenarnya dia sayangi. Mudah saja bagi seorang pria untuk membebankan rasa bersalah kepada seorang wanita sehingga dia tetap berhubungan dengan kalian ketika merka sudah mengambil keputusan untuk meninggalkan kalian. Ketika kalian menggunakan rasa bersalah untuk mencegah putus cinta, maka kalian telah memanipulasi sebuah hubungan, mengakibatkan kalian dan sang mantan merasakan sakit dan terjadi konflik yang lebih besar nantinya.
 Pada awal putus cinta, kalian merasa ingin menolak keadaan tersebut karena tidak siap menerima kenyataan yang ada. Kalian lebih senag menyendiri di kamar. Kadang tercampur dengan rasa marah pada diri sendiri karena membiarkan beberapa kesalahan terjadi berulang-ulang hingga akhirnya cinta diputuskan. Kalian akan banyak berandai-andai melakukan pilihan atau tindakan yang berbeda di masa lalu. Tahap terakhir, kalian mulai merasa marah dan kesedihan masih tersimpan di dada, namun kali ini diolah dalam bentuk depresi dan putus asa, kehilangan rasa harga diri dan semangat hidup.

D. Cara Mengatasi Putus Cinta
 Maafkan diri sendiri. Jika kalian berada diposisi orang yang diputuskan, apalagi jika putus hanya karena masalah kecil saja atau salah paham. Kalian akan terus menerus merasa bersalah dengan keadaan yang terjadi sekarang, hingga menilai putusnya hubungan tersebut karena kesalahan kalian sendiri. Cobalah maafkan diri kalian, renungkan bahwa sejatinya perpisahan itu tidak sepenuhnya kesalahan kalian. Setiap masalah yang datang pada hubungan kalian pasti ada sebabnya, dan belum tentu sebabnya itu karena kebodohan kalian sendiri. Buang jauh-jauh pandangan seperti itu!!
 Berusaha menerima kenyataan yang ada di depan mata. Putusnya hubungan kalian dengan sang mantan itu sudah menjadi takdir yang memang harus kalian hadapi. Buka mata kalian, jangan terus menerus menutup mata dari kenyataan dan akhirnya membuat kalian berhenti untuk terus melangkah menatap masa depan. Ingat masalah dan kenyataan itu sesuatu yang harus dihadapi bukan untuk dihindari, kalian tidak akan pernah tahu kedepannya bagaimana jika kalian tidak berusaha untuk menjalani semua itu. Semangat!!
 Harus bisa belajar dari kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki diri. Jangan pernah jatuh pada kesalahan yang sama, itu adalah hal yang paling bodoh jika kalian tidak bisa belajar dari kesalahan sebelumnya. Cobalah memperbaiki diri dengan merenungkan apa saja kesalahan yang telah kalian lakukan pada saat kalian berhubungan dengan mantan kalian. Yakini jika memang kalian jodoh dengan dia, kalian pasti bisa kembali dengannya dalam keadaan diri kalian yang jauh lebih baik. Jika tidak balikan pun, kalian sudah siap membuka hati untuk orang baru, tentu saja dengan diri kalian yang baru setelah bangkit keterpurukan. Instropeksi diri sangat diperlukan, ingat itu yaa kawan!!

INGAT KAWAN!!
Putus Cinta bukan akhir dari segalanya…Kalian berhak mendapatkan seseorang yang jauh lebih baik. And life must go on…!!!

4 komentar:

  1. kita gk boleh menyesali putus cinta, yah walaupun awalnya sangat menyakitkan tetapi dengan adanya putus cinta dpt membwt kita menjd lebih dewasa Lg dlm memaknai hidup coz hidup gk hanya senang2 ajakan.

    BalasHapus
  2. waa.. kania curcoL [!]
    bener banget, masih banyak orang-orang disekitar kita yang mungkin lebih baik atau mungkin yang terbaik untuk kita. Menyesali apa yang terjadi hanya akan membuat kita makin terpuruk, semangat dan awali hari dengan penuh senyuman. Positif thinking
    gambatte kudasai.... kania [!] kkakk

    BalasHapus
  3. ndak do tu ptus cinta do,,,,aku ndak mau putus cinta do,,,ckup menyakitkan dan kta pun berdosa krn tlah nyakitin orang lain....

    BalasHapus
  4. sepertinya aku pernah membaca tulisan ini :D
    putus cinta bukan berarti mati, putus cinta bukan berarti kita membunuh cinta itu. tapi kita bisa belajar dari pengalaman karena putus cinta itu.. selamat bagi orang-orang yang tetap semangat merubah hidupnya akibat putus cinta. :)

    BalasHapus